- Berikut ini RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Tema Diriku Semua Pembelajaran akan kami bagikan sebagai pola atau rujukan dalam menyusun RPP yang baik sesuai dengan Kurikulum 2013 dalam Format Word ektensi Docx atau Docs.
RPP Kurikulum 2013 Revisi terutama untuk Kelas 1 yang kini kami bagikan didapatkan dari Seorang Guru Profesional di wilayah kerja Gugus Kami dan dibagikan ulang dalam Artikel sederhana BerkasSekolah.com dan semoga bermanfaat untuk yang lain. Makara ini sudah Fix 100% dan siap digunakan.
Perlu mengingatkan kembali bahwa kami sudah pernah membagikan beberapa artikel sebelumnya yang berkaitan dengan RPP Kurikulum 2013 kelas 1 diantaranya :
Preview File : RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Aku dan Tema Baruku Revisi 2017
a.Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
Pembelajaran 1 dibuka dengan gambar seorang anak yang hendak ke sekolah. Anak tersebut lalu
mencium tangan kedua orang tuanya sebelum berangkat.
Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.
Guru kemudian menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang renta masing-masing saat
hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman 2) “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan
orang tua?”
Guru mendapatkan balasan siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang
mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang
tua.
Guru memberikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta
siswa biar esok berpamitan kepada orang renta ketika hendak pergi ke sekolah.
b. Kegiatan Inti ( 150 menit )
Guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.
Guru memperlihatkan cara berkenalan. (guru mencontohkan ibarat yang dilakukan Edo dan Beni
di buku siswa halaman 3)
Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru
menjelaskan hukum bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau
berdiri, kemudian guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya
Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa
(melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
Kemudian ia melempar bola kepada sahabat yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola,
juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
Demikian seterusnya sampai seluruh siswa memperkenalkan diri.
Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil
menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru memakai lagu yang ada di buku siswa
halaman 6.
Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa
Namamu?” sambil menepuk bahu salah satu siswa, kemudian siswa itu menyebutkan namanya.
Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak
sahabat di sebelah kanannya, kemudian sahabat tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama
lagu. Begitu seterusnya.
Selain menigngat nama teman, ketika bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat bunyi teman
masing-masing.
Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu
bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan ibarat yang dilakukan Edo dan teman-
teman.
Kegiatan berkenalan dengan banyak sekali cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-
sahabat di kelas.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal
maka tak sayang. Upayakan guru memperlihatkan penguatan wacana pentingnya saling
mengenal.
Setelah diskusi wacana pentingnya saling mengenal, guru menutup aktivitas di hari itu
dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Siapa namamu?” sekali lagi. Guru dan
siswa sama-sama menyanyikan bait “Siapa namamu? Namaku…” sesudah itu guru dan siswa
secara bergiliran menyebutkan nama masing-masing sampai selesai.
Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru ketika pulang.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan perilaku siswa selama kegiatan
Penilaian pengetahuan
- Tes verbal wacana nama-nama sahabat di kelas
- (guru menyusun pertanyaan yang akan dipakai untuk tes lisan)
Penilaian keterampilan:
- Penilaian Unjuk Kerja
- Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian
Perlu diingatkan kembali RPP Kurikulum 2013 Tema Diriku Kelas 1 Revisi 2017 ini terdiri dari 6 Pembelajaran dengan Sub Tema Aku dan sahabat Baruku yang masing-masing Pembelajaran kami pisahkan supaya yummy dan gampang dalam mengelompokannya.
Selengkapnya sanggup didapatkan semua Pembelajaran tersebut melalui link dibawah ini :
Download File :
RPP Kurikulum 2013 Revisi terutama untuk Kelas 1 yang kini kami bagikan didapatkan dari Seorang Guru Profesional di wilayah kerja Gugus Kami dan dibagikan ulang dalam Artikel sederhana BerkasSekolah.com dan semoga bermanfaat untuk yang lain. Makara ini sudah Fix 100% dan siap digunakan.
Perlu mengingatkan kembali bahwa kami sudah pernah membagikan beberapa artikel sebelumnya yang berkaitan dengan RPP Kurikulum 2013 kelas 1 diantaranya :
- RPP kurikulum 2013 sd kelas 1 revisi 2017
- RPP kelas 1 kurikulum 2013 revisi 2017
- RPP k13 kelas 1 revisi 2017
- Download rpp k13 kelas 1
- RPP kurikulum 2013 sd kelas 1 semester 1 tema diriku
- RPP k13 kelas 1 tema 2
- RPP kelas 1 kurikulum 2013 doc
- RPP k13 revisi 2017 kelas 1 sd
Preview File : RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Aku dan Tema Baruku Revisi 2017
a.Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
Pembelajaran 1 dibuka dengan gambar seorang anak yang hendak ke sekolah. Anak tersebut lalu
mencium tangan kedua orang tuanya sebelum berangkat.
Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.
Guru kemudian menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang renta masing-masing saat
hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman 2) “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan
orang tua?”
Guru mendapatkan balasan siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang
mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang
tua.
Guru memberikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta
siswa biar esok berpamitan kepada orang renta ketika hendak pergi ke sekolah.
b. Kegiatan Inti ( 150 menit )
Guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.
Guru memperlihatkan cara berkenalan. (guru mencontohkan ibarat yang dilakukan Edo dan Beni
di buku siswa halaman 3)
Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru
menjelaskan hukum bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau
berdiri, kemudian guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya
Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa
(melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
Kemudian ia melempar bola kepada sahabat yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola,
juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
Demikian seterusnya sampai seluruh siswa memperkenalkan diri.
Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil
menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru memakai lagu yang ada di buku siswa
halaman 6.
Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa
Namamu?” sambil menepuk bahu salah satu siswa, kemudian siswa itu menyebutkan namanya.
Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak
sahabat di sebelah kanannya, kemudian sahabat tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama
lagu. Begitu seterusnya.
Selain menigngat nama teman, ketika bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat bunyi teman
masing-masing.
Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu
bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan ibarat yang dilakukan Edo dan teman-
teman.
Kegiatan berkenalan dengan banyak sekali cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-
sahabat di kelas.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal
maka tak sayang. Upayakan guru memperlihatkan penguatan wacana pentingnya saling
mengenal.
Setelah diskusi wacana pentingnya saling mengenal, guru menutup aktivitas di hari itu
dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Siapa namamu?” sekali lagi. Guru dan
siswa sama-sama menyanyikan bait “Siapa namamu? Namaku…” sesudah itu guru dan siswa
secara bergiliran menyebutkan nama masing-masing sampai selesai.
Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru ketika pulang.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan perilaku siswa selama kegiatan
Penilaian pengetahuan
- Tes verbal wacana nama-nama sahabat di kelas
- (guru menyusun pertanyaan yang akan dipakai untuk tes lisan)
Penilaian keterampilan:
- Penilaian Unjuk Kerja
- Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian
Perlu diingatkan kembali RPP Kurikulum 2013 Tema Diriku Kelas 1 Revisi 2017 ini terdiri dari 6 Pembelajaran dengan Sub Tema Aku dan sahabat Baruku yang masing-masing Pembelajaran kami pisahkan supaya yummy dan gampang dalam mengelompokannya.
Selengkapnya sanggup didapatkan semua Pembelajaran tersebut melalui link dibawah ini :
Download File :
Advertisement