- Berikut ini Buku Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VIII (8) Kurikulum 2013 Revisi 2017 PDF sebagai Buku Pegangan Guru dan Siswa di Semester 1 dan 2 dalam menunjang Proses KBM terutama dijadikan Buku Sumber/ Buku Teks Pelajaran.
Pengetahuan agama yang dipelajari para penerima didik menjadi sumber nilai dan pencetus sikap mereka. Sekadar contoh, di antara nilai kecerdikan pekerti dalam agama Hindu dikenal dengan Tri Marga (bakti kepada Tuhan, orang tua, dan guru; karma, bekerja sebaik-baiknya untuk dipersembahkan kepada orang lain dan Tuhan; Jnana, menuntut ilmu sebanyak-banyaknya untuk bekal hidup dan penuntun hidup), dan Tri Warga (dharma, berbuat menurut atas kebenaran; artha, memenuhi harta benda kebutuhan hidup menurut kebenaran, dan kama, memenuhi harapan sesuai dengan norma-norma yang berlaku). Dalam pembentukan kecerdikan pekerti, proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan wacana kebaikan, kemudian menimbulkan kesepakatan terhadap kebaikan, dan kesannya benar-benar melaksanakan kebaikan.
Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa acara keagamaan yang harus dilakukan penerima didik dalam perjuangan memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap penerima didik dengan ketersediaan acara yang ada pada buku ini. Guru sanggup memperkayanya secara kreatif dengan kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.
Implementasi terbatas pada tahun pemikiran 2013/2014 telah menerima jawaban yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun pemikiran 2014/2015 dan seterusnya. Walaupun demikian, sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh alasannya ialah itu, kami mengundang para pembaca menunjukkan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas bantuan itu, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup menunjukkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Download File :
Buku Agama Hindu Kelas VIII (8) Kurikulum 2013 Revisi 2017 PDF
Kurikulum 2013 dirancang semoga penerima didik tidak hanya bertambah pengetahuannya, tetapi juga meningkat keterampilannya dan semakin mulia kepribadiannya. Dengan demikian, ada kesatuan utuh antara kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Keutuhan ini dicerminkan dalam pendidikan agama dan kecerdikan pekerti. Melalui pembelajaran agama diperlukan akan terbentuk keterampilan beragama dan terwujud sikap beragama penerima didik yang berimbang, meliputi kekerabatan insan dengan Penciptanya, sesama manusia, dan kekerabatan insan dengan alam sekitarnya.Pengetahuan agama yang dipelajari para penerima didik menjadi sumber nilai dan pencetus sikap mereka. Sekadar contoh, di antara nilai kecerdikan pekerti dalam agama Hindu dikenal dengan Tri Marga (bakti kepada Tuhan, orang tua, dan guru; karma, bekerja sebaik-baiknya untuk dipersembahkan kepada orang lain dan Tuhan; Jnana, menuntut ilmu sebanyak-banyaknya untuk bekal hidup dan penuntun hidup), dan Tri Warga (dharma, berbuat menurut atas kebenaran; artha, memenuhi harta benda kebutuhan hidup menurut kebenaran, dan kama, memenuhi harapan sesuai dengan norma-norma yang berlaku). Dalam pembentukan kecerdikan pekerti, proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan wacana kebaikan, kemudian menimbulkan kesepakatan terhadap kebaikan, dan kesannya benar-benar melaksanakan kebaikan.
Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa acara keagamaan yang harus dilakukan penerima didik dalam perjuangan memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap penerima didik dengan ketersediaan acara yang ada pada buku ini. Guru sanggup memperkayanya secara kreatif dengan kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.
Implementasi terbatas pada tahun pemikiran 2013/2014 telah menerima jawaban yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun pemikiran 2014/2015 dan seterusnya. Walaupun demikian, sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh alasannya ialah itu, kami mengundang para pembaca menunjukkan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas bantuan itu, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup menunjukkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Download Buku Agama Hindu Kelas VIII (8) Kurikulum 2013 Revisi 2017 PDF
Download File :
Advertisement