Penelitian Tindakan Kelas Adalah??
Penelitian Tindakan Kelas belakangan ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) semakin menjadi trends untuk dilakukan oleh para profesional sebagai upaya pemecahan dilema dan peningkatan mutu di banyak sekali bidang. Awal mulanya, PTK, ditujukan untuk mencari solusi terhadap dilema sosial (pengangguran, kenakalan remaja, dan lain-lain) yang berkembang di masyarakat pada dikala itu. PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap dilema tersebut secara sistematis. Hal kajian ini kemudian dijadikan dasar untuk mengatasi dilema tersebut. Dalam proses pelaksanaan rencana yang telah disusun, kemudian dilakukan suatu observasi dan penilaian yang digunakan sebagai masukan untuk melaksanakan refleksi atas apa yang terjadi pada tahap pelaksanaan. Hasil dari proses refeksi ini kemudian melandasi upaya perbaikan dan peryempurnaan rencana tindakan berikutnya. Tahapan-tahapan di atas dilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan hingga suatu kualitas keberhasilan tertentu sanggup tercapai.Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas |
Dalam bidang pendidikan, khususnya acara pembelajaran, PTK berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. Dengan melaksanakan tahap-tahap PTK, guru sanggup menemukan solusi dari dilema yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan banyak sekali ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif. Selain itu sebagai penelitian terapan, disamping guru melaksanakan kiprah utamanya mengajar di kelas, tidak perlu harus meninggalkan siswanya. Kaprikornus PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah nyata yang dihadapi oleh guru di lapangan. Dengan melaksanakan PTK, guru memiliki kiprah ganda : praktisi dan peneliti.
Classroom action research (CAR) ialah action research yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Action research pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan- …”, yang dilakukan secara siklik, dalam rangka memecahkan masalah, hingga dilema itu terpecahkan. Ada beberapa jenis action research, dua di antaranya ialah individual action research dan collaborative action research (CAR). Kaprikornus CAR bisa berarti dua hal, yaitu classroom action research dan collaborative action research; dua-duanya merujuk pada hal yang sama.
Action research termasuk penelitian kualitatif walaupun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif. Action research berbeda dengan penelitian formal, yang bertujuan untuk menguji hipotesis dan membangun teori yang bersifat umum (general). Action research lebih bertujuan untuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual dan kesannya tidak untuk digeneralisasi. Namun demikian hasil action research sanggup saja diterapkan oleh orang lain yang memiliki latar yang seolah-olah dengan yang dimliki peneliti.
Dibawah ini kami bagikan beberapa referensi Laporan Penelitian Tindakan Kelas dalam format Word yang bisa digunakan sebagai referensi atau referensi dalam menyusunnya.
Classroom action research (CAR) ialah action research yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Action research pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan- …”, yang dilakukan secara siklik, dalam rangka memecahkan masalah, hingga dilema itu terpecahkan. Ada beberapa jenis action research, dua di antaranya ialah individual action research dan collaborative action research (CAR). Kaprikornus CAR bisa berarti dua hal, yaitu classroom action research dan collaborative action research; dua-duanya merujuk pada hal yang sama.
Action research termasuk penelitian kualitatif walaupun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif. Action research berbeda dengan penelitian formal, yang bertujuan untuk menguji hipotesis dan membangun teori yang bersifat umum (general). Action research lebih bertujuan untuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual dan kesannya tidak untuk digeneralisasi. Namun demikian hasil action research sanggup saja diterapkan oleh orang lain yang memiliki latar yang seolah-olah dengan yang dimliki peneliti.
Dibawah ini kami bagikan beberapa referensi Laporan Penelitian Tindakan Kelas dalam format Word yang bisa digunakan sebagai referensi atau referensi dalam menyusunnya.
- Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas Taman Kanak-Kanak.docx
- Contoh Laporan Tindakan Kelas IPS Ekonomi.docx
- Contoh Laporan Tindakan Kelas PKn.docx
- Contoh Laporan Tindakan Kelas Sejarah.docx
- Contoh Laporan Tindakan Kelas Sosiologi.docx
- Contoh Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Metode Inkuiri.docx
- Contoh Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Metode Integrasi Permainan.docx
- Contoh Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Metode Layanan Konseling.docx
- Contoh Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Metode Mencari Pasangan.doc
- Contoh Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Metode Pencapaian Konsep.docx
- Contoh Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Metode Mudah Pembelajaran.docx
- Contoh Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Metode STAD.docx
- Contoh Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Metode Tutor Sebaya.docx
- Format Pemantauan PTK.doc
- Format Penliaian PTK.doc
- Format Proposal Peneliitian PTK.docx
- Panduan Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas.doc
- Penelitian Tindakan Kelas Adalah.doc
- Sistematika Laporan Akhir Hasil PTK.docx
- Sistematika Usulan Penelitian Tindakan Kelas.doc
- Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit
- Contoh Proposal PTK Matematika untuk SD Kelas IV
- Proposal Penelitian Tindakan Kelas VI SD
- Contoh Proposal PTK Matematika SD Kelas VI
- Proposal PTK SD Kelas IV
- Proposal PTK SD Kelas III
- Proposal PTK SD Materi Mendengarkan
- Poposal PTK SD Kelas II
- Proposal PTK SD Kelas IV Mapel Bahasa Indonesia
- Proposal PTK SD Mapel PAI
- Proposal PTK SD Mapel Matematika Versi 1
- Proposal PTK SD Mapel Matematika Versi 2
- Proposal PTK SD Mapel Matematika Versi 3
- Proposal Penelitian Tindakan Kelas SD
- Menerapkan Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Kemampuan Anak Terhadap Mata Pelajaran Berhitung Di Kelas
- Efektivitas Disain Pembelajaran Dengan Media Audio, Visual, Dan Kinestetik Melalui Power Point Dalam Mengajarkan Konsep Luas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV
- Implementasi Pendekatan Kooperatif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD No. 177/1 Tapah Sari Pada Mata Pelajaran Matematika
- mapel ipa-Proposal-PTK-SD.doc
- MELALUI STRAGTEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIFE SISWA UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn
- KESUKARAN DAN KESULITAN MURID MEMAHAMI KONSEP PEMBAGIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SELOMOYO KEC. KALIANGKRIK KAB. MAGELANG.rtf
- MENARIK PERHATIAN SISWA MELALUI KARTU HURUF DALAM BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DI KELAS 1 ( SATU ) SDN WAJAGESENG.doc
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA TEKS TRANSAKSIONAL DAN INTERPERSONAL MELALUI METODE ROLE PLAY PADA SISWA KELAS VIII D Sekolah Menengah Pertama NEGERI 2 BANTARUJEG.doc
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMBACA PUISI MELALUI METODE DEMONSTRASI.doc
- Peningkatan Kualitas Motivasi Siswa Dalam Bidang Studi Seni Budaya DanKeterampilan Di Kelas III SDN No. 85 / 1 Sumberrejo DenganMenggunakan Media Gambar.doc
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN KARTU HURUF DI KELAS SATU SDN TRESNABUDI I.docx
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERVICE ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE KESELURUHAN.docx
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI SD NEGERI 32 POASIA KENDARI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK.doc
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI SD NEGERI 32 POASIA KENDARI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK.doc
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI SD NEGERI 32 POASIA KENDARI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK.doc
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI SD NEGERI TEMU II KANOR BOJONEGORO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK.doc
- Meningkatkan keterampilan menulis melalui latihan menulis surat langsung dalam pembelajran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDK Tes Kabupaten TTU.docx
- MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA POKOK BAHASAN MENDENGARKAN PENJELASAN NARASUMBER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI SISWA KELAS V SDN 03 NAMBANGAN KIDUL KECAMATAN MANGUHARJO KOTA MADIUN.docx
- PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN PAMINGGIR V KECAMATAN GARUT KOTA KABUPATEN GARUT.docx
- MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA DENGAN PEMBERIAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH.pdf
- MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS V DI SDN PAGAK 04 KECAMATAN PAGAK KABUPATEN MALANG.docx
- MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS V DI SDN PAGAK 04 KECAMATAN PAGAK KABUPATEN MALANG.docx
- MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI THEMATIC WORD SEARCH GAMES PADA SISWA KELAS VIIB SMPN 3 KANDANGAN.odt
- MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM TOPIK GAYA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA SISWA KELAS IV SD NEGERI DONOROJO KECAMATAN TEGALREJO.doc
- model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)..docx
- PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD TEUPIN PANAH.doc
- Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Tentang Berbalas Pantun Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Sukadana III Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu.docx
- PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (TCL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BASIS DATA KELAS XI JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI Sekolah Menengah kejuruan NEGERI 1 PURBALINGGA.pdf
- PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII C SEMESTER 1 Sekolah Menengah Pertama N 3 SECANG.doc
- Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Media Flash Card, dalam Pengenalan Huruf dan Kata pada Siswa Autis SLB BC AL-Mumin.pdf
- MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DENGAN MEDIA BUKU CERITA YANG MENARIK KELAS III SD NO. 07/IX LUBUK KUARI KABUPATEN MUARO JAMBI.doc
- PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NO. 173199 SILANTOM JULU.doc
- PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS RENDAH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas II SDN 01 Gedung Ketapang, Kecamatan Sungkai selatan, Lampung utara.doc
- Penggunaan Media Lidi Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Penjumlahan Bilangan Bulat Di Kelas IV SDN 1 Karanganyar.docx
- Penggunaan Media Lidi Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Penjumlahan Bilangan Bulat Di Kelas IV SDN 1 Jungutan.doc
- PENGGUNAAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENIGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI GUNUNGSARI.docx
- PENGGUNAAN STRATEGI CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYUSUN DOA UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN DALAM PEMBELAJARAN PAK DI KELAS IV SD ……. KEC. ……..doc
- PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII F Sekolah Menengah Pertama NEGERI 3 BATANG.pdf
- PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V SD NEGERI SUMURAGUNG II SEMESTER I.docx
- PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NONELEKTROLIT.docx
- PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI ORO-ORO OMBO.docx
- PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MODEL TPS PADA SISWA KELAS VA SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG.docx
- Proposal PTK IPA SD.docx
- SISTEMATIKA PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK).pptx
- UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT (SPRINT) MELALUI MODIFIKASI BAN BEKAS PADA SISWA KELAS IV.docx
- UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS SATU MELALUI METODE SAS DAN EJAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI CIBEUREUM KECAMATAN CIANJUR KABUPATEN CIANJUR.docx
- UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DALAM POKOK BAHASAN MENELADANI SIKAP KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME TOKOH-TOKOH DI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 JOSENAN KOTA MADIUN.docx
- Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah Bagi Siswa Kelas V SDN 1 Kedewatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar.doc
- UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH BAGI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SAMUDRA KULON.doc
- UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH BAGI SISWA KELAS VIIID Sekolah Menengah Pertama ISLAM AL-HIKMAH MAYONG II. BIDANG KAJIAN.docx
- Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Tehnik Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah Bagi Siswa Kelas V SDN 1 Palasah Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka..doc
- UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V(LIMA) SDN GUNUNGSARI MELALUI MEDIA CD INTERAKTIF.docx
- UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA UNTUK MENGUNGKAPKAN MAKNA DALAM MONOLOG BERBENTUK PROCEDURE MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS IX Sekolah Menengah Pertama NEGERI 7 TEGAL SEMESTER 2.docx
- UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGSARI MELALUI MEDIA SEDOTAN.docx
- UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GUNUNGSARI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE TALKING STICK.docx
Advertisement