'/> Petunjuk Ringkas Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk)

Info Populer 2022

Petunjuk Ringkas Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk)

Petunjuk Ringkas Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk)
Petunjuk Ringkas Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk)

Petunjuk Ringkas Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Sebelumnya admin pernah membagikan Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan banyak sekali Judul yang bisa dijadikan sebagai acuan atau perbandingan dalam menciptakan PTK yang baik. Namun sebelum itu alangkan baiknya bila anda mengetahui bagaimana cara-cara Penulisan Laporan PTK ini semoga sesuai dengan sistematiknya. Berikut admin paparkan bagaian-bagian yang harus diperhatikan dalam menciptakan PTK ini.

A. Judul Penelitian PTK

  • Ditulis secara singkat, spesifik dan jelas
  • Menggambarkan duduk kasus yang akan diteliti
  • Menggambarkan tindakan penelitian yang dipilih untuk memecahkan masalah
  • Ada Setting (tempat dan waktu)
  • Jumlah kata jangan terlalu panjang sekitar  20-25 kata
Contoh:
  1. Penggunaan Metode Matrik Perbandingan untuk Meningkatkan motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Kawasan Benua dan Negara Tetangga  di Kelas 7 SMPN 3 Solo Tahun 2004
  2. Meminimalisir  Miskonsepsi Siswa Dalam Pembelajaran IPS  melalui Penggunaan Modul IPS Terpadu di Kelas VII SMPN 10 Solo Tahun 2007
  3. Peningkatkan keberanian siswa untuk berenang melalui penggunaan alat-alat bantu berenang pada Siswa Kelas 3 SDN I Jaten Kec Jaten Kab Karanganyar
  4. Mempercepat ketepatan  Handgrip melalui Pola Latihan Silang antara pukulan Forhand Volley dan groundstroke Depan Belakang Pada Permainan Tenis Kelompok Ex Pemain Badminton.
Petunjuk Ringkas Penulisan Penelitian Tindakan Kelas  PETUNJUK RINGKAS PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

B. Bab Pendahuluan

1. Latar Belakang Masalah

  • Masalah PTK yang diangkat:
    • Merupakan masalah nyata di kelas / sekolah, bukan hasil kajian teoretik dari buku
    • Dapat terinspirasi dari hasil penelitian terdahulu, tetapi  digali dari permasalahan pembelajaran yang aktual.
    • Masalah didiagnosis secara kolaboratif oleh guru atau kelompok guru.
  • Masalah harus bersifat:
    • penting dan mendesak untuk dipecahkan,
    • dapat dilaksanakan (ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya)
  • Hal-hal yang perlu dideskripsikan pada LBM:
-          Deskripsikan duduk kasus yang dihadapi
-          Sajikan fakta/bukti-buktinya
-          Deskripsikan apa yang seharusnya dicapai
-          Deskripsikan dampaknya jikalau duduk kasus tersebut tdk teratasi
-          Deskripsikan penyebab-penyebab duduk kasus tersebut
-          Deskripsikan alternatif pemecahan duduk kasus tersebut

2.  Rumusan Masalah

  1. Sajian rumusan duduk kasus harus dilihat dari aspek substansi dan bentuk rumusannya
l  Substansi rumusan duduk kasus PTK
lAda permasalahan yang akan diatasi
lAda alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil
     positif yang diantisipasi
l  Bentuk rumusan memakai kalimat tanya, contoh:
l  Apakah Penggunaan Metode Matrik Perbandingan  dapat meningkatkan motivasi dan hasil mencar ilmu siswa dalam  pembelajaran Geografi  Kawasan Benua dan Negara Tetangga di kelas 7a SLTPN 3 Solo?
l  Apakah Penggunaan Modul IPS Terpadu sanggup Meminimalisir Miskonsepsi Siswa dalam Pembelajaran IPS di SMPN 10 Solo?
l  Apakah penggunaan alat-alat bantu berenang sanggup meningkatkan keberanian siswa untuk berenang pada siswa Kelas 3 SDN I Jaten Kec Jaten Kab Karanganyar?
l  Apakah penggunaan pola latihan pukulan Forhand Volley dan groundstroke Depan Belakang sanggup mempercepat ketepatan  Handgrip  permainan tenis pada Kelompok Ex Pemain Badminton Siswa SMPN 2 Kab karanganyar?
l  Apakah penggunaan gaya umpan balik Reciprocal Style sanggup meningkatkan kemampuan passing bawah dalam pembelajaran bermain bolavolly pada siswa kelas XI SMAN karangpandan Kab Karanganyar Tahun 2008?

     b. Buat definisi operasional dari variabel pokok penelitian

3. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian  perlu dirumuskan secara singkat dan jelas wacana apa yang ingin diatasi atau dicapai berdasarkan permasalahan dan cara pemecahan duduk kasus yang dikemukakan.

Contoh:
1.      untuk mengetahui peningkakan motivasi mencar ilmu siswa melalui penggunaan penggunaan metode matrik perbandingan
2.      Meningkatkan hasil mencar ilmu yang lebih bermakna baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa melalui penggunaan penggunaan metode matrik perbandingan

4. Manfaat Penelitian

- Manfaat penelitian perlu diuraikan secara jelas dan sistematis baik simpel maupun teoritis
- Kemukakan manfaat bagi siswa, guru, komponen pendidikan terkait di sekolah,.
1. Bagi siswa:
                              a.      Tumbuhnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran
                              b.      Meningkatnya hasil mencar ilmu siswa baik aspek kognitif maupun afektif
                               c.      Meningkatnya ketrampilan sosial siswa dalam bergaul di lingkungan sosialnya 
                              d.      Meningkatnya keaktifan siswa dalam mencar ilmu

2. Bagi guru:
a.      mengetahui seni administrasi pembelajaran yang bervariasi untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran Pengetahuan sosial
b.      Diperolehnya seni administrasi pembelajaran yang sempurna untuk materi bahasan Negara maju dan Negara berkembang
c.       Diperolehnya media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran Kawasan Regional

2.            Bagi Sekolah:
                              a.      Meningkatnya hasil mencar ilmu siswa dalam pembelajaran Pengetahuan Sosial
                              b.      Tumbuhnya motivasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bermutu
                               c.      Tumbuhnya iklim  pembelajaran  siswa aktif di sekolah

C. Bab Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan
  1. Deskripsikan kajian teori yang relevan dengan topik penelitian yang dilakukan , terutama variabel yang mau diatasi (variabel Y= variabel terikat) dan variabel dipakai untuk mengatasi (variabel X= variabel bebas)
  2. Deskripsikan hasil penelitian terdahulu yang relevan dg topik yang diteliti
  3. Buat kerangka pemikiran yang menjelaskan keandalan tindakan untuk mengatasi masalah.
  4. Buat kerangka pemikiran diatas dalam bentuk gambar denah tindakan
  5. Tulislah Hipotesis tindakan.

D. Bab Metode Penelitian

A.          Setting Penelitian
Deskripsikan Tempat, kondisi dan waktu penelitian dilakukan

B.           Subjek Penelitian
Deskripsikan Subjek penelitian secara lugas yang meliputi jumlah, jenis kelamin, cakupan, kondisi siswa.

C.           Prosedur Penelitian
Jelaskan metode penelitian, siklus penelitian, dan mekanisme penelitian
Jelaskan jumlah siklus, tindakan siklus I, siklus 2 dan seterusnya disertai dengan penjelasan
Prosedur Penelitian mencakup: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta analisis dan refleksi
a. Perencanaan Tindakan
    Deskripsikan wacana persiapan tindakan, kegiatannya
    meliputi :
-          penyusunan planning tindakan (skenario pembelajaran)
-          penyusunan media
-          penyusunan materi
-          penyusunan instrumen
-          Simulasi planning tindakan (skenario pembelajaran)
         b. Pelaksanaan tindakan
               Deskripsikan planning pelaksanaan  tindakan dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta jumlah pertemuaannya.
   c. Observasi tindakan
  Jelaskan data yang dikumpulkan dan teknik pengumpulan data
 (soal test, lembar observasi, kuesioner)

   d. Analisis dan Refleksi
  Deskripsikan teknik analisis yang dipakai serta materi dan   prosedur refleksi yang  digunakan
E. Bab Hasil Penelitian dan Pembahasan

Pada potongan ini sistematika sajiannya sanggup dibentuk sebagai berikut:

a)      Kondisi Awal

b)      Siklus I

c)      Siklus II

d)     Siklus  III)

e)      Siklus berikutnya (jika ada)

f)       Pembahasan antar siklus


Penjelasan
1)  Kondisi Awal
     Deskripsikan fakta dari permasalahan atau kondisi variabel yang ada sebelum dilakukan peneltian, misal: nilai tes rata-rata yang dicapai, aspek ketrampilan sosial yang ada, tingkat keberanian bertanya siswa, miskonsepsi yang terjadi , dan sebagainya.

2)  Siklus I,
Untuk masing-masing siklus sanggup disajikan urutan sebagai berikut:
  1. Rencana tindakan (deskripsikan skenario pembelajaran),
  2. Pelaksanaan tindakan (deskripsi hasil observasi proses pelaksanaan pembelajaran secara rinci dari dari awal hingga tamat setiap pertemuan)
  3. Hasil Tindakan   (sajikan /deskripsikan hasil analisis data dari observasi proses, hasil test, dan angket)

    1. Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif
    2. Hasil Belajar siswa apek ketrampilan sosial (keberanian siswa dalam bertanya, beropini dan berargumentasi)
    3. Efektifitas cara pembelajaran berdasarkan siswa     dan seterusnya

  1. Refleksi
a) Deskripsikan hasil analisis tindakan dan bandingkan dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan), dan sertakan fakta-fakta penting dalam proses penelitian sebagai materi analisis kritis.
b) Deskripsi ini merupakan sajian  analisis kritis  terhadap indikator kinerja VS hasil tindakan serta pengembangan konsep teoritis dan planning tindak lanjut yang diperlukan.
3) Siklus II (seperti siklus I)
4) Siklus III ((seperti siklus I)
5) Pembahasan Antar Siklus

F. Bab Simpulan dan Saran
a.       Simpulan
Simpulan merupakan tanggapan terhadap perumusan masalah. Kaprikornus untuk menciptakan kesimpulan harus diubahsuaikan  perumusan masalahanya, jikalau ada 3 perumusan duduk kasus pada potongan pendahuluan maka minimal ada 3 kesimpulan yang harus dibuat.
b.      Saran
      Merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian baik yang bersifat teoritis, praktis, maupun kebijakan.

G. Sistematika Penulisan Proposal PTK

BAGIAN PEMBUKA
            Halaman Judul
            Daftar Isi

Bagian I. Pendahuluan

A.  Latar Belakang Masalah

B.  Perumusan Masalah

C.  Tujuan Penelitian

D.  Manfaat Penelitian


Bagian II. Landasan Teori dan Pengajuan Hipotesis

A.  Tinjauan Pustaka

            B.  Hasil Penelitian yang Relevan

CKerangka Pemikiran

D.    Hipotesis Tindakan


Bagian III Metode Penelitian (cara penelitian)

A.    Setting Penelitian

B.     Subjek Penelitian

C.     Prosedur Penelitian (langkah-langkah PTK)

1.      Perencanaan Tindakan
2.      Pelaksanaan Tindakan
3.      Observasi Tindakan
4.      Analisis dan Refleksi

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


H. SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN PTK

BAGIAN PEMBUKA
            Halaman Judul
            Lembar Pengesahan
            Kata Pengantar
            Daftar Isi
            Daftar Tabel (bila ada)
            Daftar Gambar (bila ada)
            Daftar Lampiran
            Abstrak atau ringkasan

BAB I. PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

B.  Perumusan Masalah

C.  Tujuan Penelitian

D.  Manfaat Penelitian

BAB II. LANDASAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS

A.  Tinjauan Pustaka

            B.  Hasil Penelitian yang Relevan

CKerangka Pemikiran

E.     Hipotesis Tindakan

BAB III METODE PENELITIAN (CARA PENELITIAN)

A.    Setting Penelitian

B.     Subjek Penelitian

C.     Prosedur Penelitian (langkah-langkah PTK)

1.      Perencanaan Tindakan
2.      Pelaksanaan Tindakan
3.      Observasi Tindakan
4.      Analisis dan Refleksi

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Siklus I

B.     Siklus II

C.     Siklus  III)

D.    Siklus berikutnya (jika ada)

E.     Pembahasan antar siklus

BAB V SIMPULAN DAN SARAN

A.    Simpulan

B.     Saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Anda juga bisa pribadi download filenya disini supaya lebih terang dalam menyusun penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Demikianlah kiranya menyebarkan artikel wacana Petunjuk Ringkas Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Semoga bisa berkhasiat serta membantu dalam menyusun PTK. Terima Kasih.
Advertisement

Iklan Sidebar