- Berikut ini Buku IPA Kelas VIII (8) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 untuk Pegangan Guru dan Siswa sebagai buku sumber berguru penunjang keberhasilan KBM di Kelas.
Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya bagi siswa SMP/MTs. Materi-materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, serta Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs perihal prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.
Buku IPA Kelas VIII SMP/MTs ini disusun dengan pemikiran di atas. Bidang ilmu Biologi digunakan sebagai landasan (platform) pembahasan bidang ilmu yang lain. Makhluk hidup digunakan sebagai objek untuk menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam menyerupai objek alam dan interaksinya, energi dan keseimbangannya, dan lain-lain. Melalui pembahasan memakai bermacam bidang ilmu dalam rumpun ilmu pengetahuan alam, pemahaman utuh perihal alam yang dihuninya beserta benda-benda alam yang dijumpai di sekitarnya sanggup dikuasai oleh akseptor didik SMP/MTs.
Sebagai salah satu rumpun ilmu yang digunakan untuk mengukur kemajuan pendidikan suatu negara, pemahaman akseptor didik suatu negara terhadap IPA dibandingkan secara rutin sebagaimana dilakukan melalui TIMSS (The Trends in International Mathematics and Science Study) dan PISA (Program for International Student Assessment). Melalui evaluasi internasional menyerupai ini kita sanggup mengetahui kualitas pembelajaran IPA dibandingkan dengan negara lain. Materi IPA pada Kurikulum 2013 ini telah diubahsuaikan dengan tuntutan penguasaan bahan IPA berdasarkan TIMSS dan PISA.
Sesuai dengan konsep Kurikulum 2013, buku ini disusun mengacu pada pembelajaran IPA secara terpadu dan utuh, sehingga setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan hingga menciptakan siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara kasatmata dan abstrak, dan bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan Tuhan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.
Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan aktivitas pada buku ini. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca menunjukkan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas bantuan tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup menunjukkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Download File :
Buku IPA Kelas VIII (8) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/MI, beberapa mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya bagi siswa SMP/MTs. Materi-materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, serta Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs perihal prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.
Buku IPA Kelas VIII SMP/MTs ini disusun dengan pemikiran di atas. Bidang ilmu Biologi digunakan sebagai landasan (platform) pembahasan bidang ilmu yang lain. Makhluk hidup digunakan sebagai objek untuk menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam menyerupai objek alam dan interaksinya, energi dan keseimbangannya, dan lain-lain. Melalui pembahasan memakai bermacam bidang ilmu dalam rumpun ilmu pengetahuan alam, pemahaman utuh perihal alam yang dihuninya beserta benda-benda alam yang dijumpai di sekitarnya sanggup dikuasai oleh akseptor didik SMP/MTs.
Sebagai salah satu rumpun ilmu yang digunakan untuk mengukur kemajuan pendidikan suatu negara, pemahaman akseptor didik suatu negara terhadap IPA dibandingkan secara rutin sebagaimana dilakukan melalui TIMSS (The Trends in International Mathematics and Science Study) dan PISA (Program for International Student Assessment). Melalui evaluasi internasional menyerupai ini kita sanggup mengetahui kualitas pembelajaran IPA dibandingkan dengan negara lain. Materi IPA pada Kurikulum 2013 ini telah diubahsuaikan dengan tuntutan penguasaan bahan IPA berdasarkan TIMSS dan PISA.
Sesuai dengan konsep Kurikulum 2013, buku ini disusun mengacu pada pembelajaran IPA secara terpadu dan utuh, sehingga setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan hingga menciptakan siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara kasatmata dan abstrak, dan bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan Tuhan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.
Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan aktivitas pada buku ini. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca menunjukkan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas bantuan tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup menunjukkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Download Gratis Buku IPA Kelas VIII (8) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2
Download File :
Advertisement